10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Selasa, 21 November 2017 - Kesehatan

10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami – Bau badan yang tidak sedap pastinya akan membuat Anda menjadi tidak pede, oleh karena itu ada cara untuk menghilangkan bau badan secara alami, cepat, dan efektif yang bisa dicoba tanpa efek samping. Entah itu bau badan Anda sendiri atau bau badan anak, berikut tips yang bisa dicoba.

Faktor-Faktor Penyebab Bau Badan Seseorang

Bau badan adalah bau tak sedap yang berasal dari ketiak kita disebabkan oleh bakteri dan keringat yang bercampur menjadi satu. Karenanya, kebersihan badan harus dijaga dan jangan malas mandi. Sebelum kita membahas cara menghilangkan bau badan secara alami dan cepat, berikut beberapa faktor lain mengapa seseorang bisa rentan terhadap bau badan, seperti:

  1. Suka menyantap makanan dengan aroma yang kuat
  2. Kurang menjaga kebersihan badan
  3. Berat badan berlebih atau obesitas
  4. Obat-obatan yang rutin diminum
  5. Suka berada di lingkungan yang lembap dan panas, menyebabkan produksi keringat berlebih. Selain itu, lingkungan yang lembap dapat membuat bakteri untuk tumbuh lebih baik.
  6. Memakai pakaian yang sulit menyerap keringat.
10 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami
Bau Badan

7 Cara Cepat Mengecilkan Pipi Tembem Secara Alami
Cara Membuat Pipi Menjadi Tembem/Chubby Cepat Secara Alami
7 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya dengan Alami
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih
15 Makanan Yang Mengandung Serat dalam Jumlah Tinggi
6 Manfaat Minum Perasan Lemon Setiap Hari

Itulah beberapa faktor yang membuat seseorang rentan terhadap bau badan. Nah, sekarang mari kita lanjutkan ke cara mengatasi masalah tersebut. Berikut ini cara menghilangkan bau badan tak sedap dengan cepat memakai bahan-bahan alami yang mudah didapat:

Daun sirih: Bahan ini juga sangat sering dipakai untuk produk-produk pabrik penghilang bau badan. Namun, akan lebih baik jika dapat mengolahnya sendiri. Gunakan beberapa lembar daun sirih secukupnya, cuci bersih. Tumbuklah daun tersebut sampai halus. Oleskan tumbukan sirih ke kulit ketiak sebelum mandi, diamkan selama 10 menit. Setelah itu, baru Anda mandi.

Daun kemangi: Biasanya jika Anda menemukan daun ini sebagai lalapan untuk menyegarkan mulut agar tidak bau, maka daun ini juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah bau badan tidak sedap. Cara memakainya juga mudah, cukup mengonsumsi beberapa lembar daun kemangi segar setiap hari agar bau badan lekas menghilang.

Tawas: Bahan ini bisa didapatkan di pasar tradisional, biasanya orang menggunakan tawas sebagai cara pertama dalam membasmi bau badan. Cara menghilangkan bau badan dengan tawas juga mudah, Anda cukup menggosok-gosokkan tawas ke kulit ketiak sebelum mandi secara teratur.

Cengkeh: Aroma cengkeh memang menyenangkan dan bahan ini bisa dipakai untuk mengatasi masalah badan yang bau. Untuk memakai cengkeh ini caranya adalah, Ambil wadah dan rendam beberapa butir cengkeh dalam air hangat sampai mengembang. Air rendaman cengkeh diminum dan bila kurang suka rasanya, bisa ditambahkan sedikit madu atau gula. Jika masih ada sisa rendaman air, maka jangan dibuang. Pakai untuk menggosok atau membilas ketiak Anda sebelum mandi. Diamkan sebentar, lalu baru bilas dengan air bersih.

Jahe: Jahe biasanya memang dipakai untuk bahan masakan ataupun diseduh sebagai minuman hangat yang mengenakkan badan. Jahe rupanya juga dapat membantu mengatasi badan yang bau. Seduh jahe secukupnya dan airnya diminum secara teratur 2 kali sehari. Air jahe dapat diminum dalam keadaan hangat ataupun dingin. Jika tak tahan dengan rasa seduhan jahe, maka bisa ditambahkan sedikit madu. Meski akan lebih baik tidak usah memakai pemanis sama sekali. Anda juga bisa menggosokkan jahe ke kulit ketiak sebelum mandi.

Jeruk nipis: Khasiat jeruk nipis sudah sangat terkenal, buah satu ini mampu mengatasi jerawat, sebagai bahan alami untuk obat batuk, dan juga sebagai cara menghilangkan bau badan dengan cepat. Ambil 2 buah jeruk nipis, belah jadi dua, dan peras airnya. Campur air perasan jeruk nipis dengan kapur sirih secukupnya. Aduk sampai rata dan gosokkan ke area badan yang bau seperti ketiak. Lakukan cara ini secara teratur.

Cuka putih: Cuka memang rasanya asam dan kadang banyak yang berpikir apakah hal tersebut justru malah membuat badan semakin bau. Namun, asam pada cuka ini sebetulnya tidak mempengaruhi keringat yang keluar. Tetapi, apabila Anda kurang suka cara satu ini, bisa mencoba cara lain yang sudah dibagikan. Ada 2 metode yang bisa dilakukan dengan cuka putih:

Cara pertama: Teteskan sedikit cuka putih pada kapas yang bersih, lalu oleskan serta gosokkan ke kulit ketiak.

Cara kedua: Cuka putih dapat diteteskan secara langsung ke bagian badan yang menimbulkan bau, seperti ketiak atau di bawah lutut, dan sebagainya.

Daun beluntas: Penggunaan daun ini untuk mengatasi bau badan tidak sedap sama seperti daun kemangi sebagai lalapan. Anda hanya perlu mengonsumsinya secara teratur setiap hari.

Kecombrang: Gunakan bungan kuncup tanaman kecombrang ini, gosok-gosokkan saja pada area badan yang menimbulkan bau tak sedap seperti ketiak, lipatan leher, lipatan lengan, dan bawah lutut. Diamkan selama 10 menit, kemudian baru Anda bilas dengan kain bersih yang sudah dibasahi air.

Mentimun: Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih dapat memakai mentimun sebagai bahan alami. Ambil 1 buah mentimun dan potong menjadi beberapa bagian. Gosok-gosokkan potongan mentimun segar ke kulit ketiak sehabis mandi. Jika ingin mengatasi masalah bau badan sekaligus membuat kulit ketiak menjadi lebih putih, maka mentimun bisa dibuat krim dan dicampur dengan sedikit madu. Setelah itu, oleskan ke permukaan kulit ketiak.

Cara Menghilangkan Bau Badan Permanen Lainnya

Berikut ini beberapa cara sekaligus anjuran agar bau badan tak sedap menghilang dan tidak kembali lagi:

  1. Mandilah 2 kali sehari: Inilah cara paling umum yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau tak sedap pada badan. Dengan mandi setidaknya 2 kali dalam sehari, maka bakteri dan keringat bisa dibersihkan.
  2. Pakai deodorant atau anti-perspirant: Banyak orang tak tahu perbedaan kedua produk ini. Deodorant digunakan untuk mencegah bau badan, namun tidak bisa menghentikan produksi keringat yang berlebih. Sebaliknya, anti-perspirant merupakan produk untuk menghambat keringat berlebih. Jika disarankan, lebih baik memakai deodorant saja yang lebih aman.
  3. Hindari mengonsumsi makanan penyebab bau: Cara menghilangkan bau badan dengan membatasi konsumsi makanan-makanan yang beraroma kuat sehingga membuat badan berbau tak sedap. Contohnya seperti rempah-rempah, daging merah, makanan cepat saji, kafein dan alkohol, bawang putih dan bawang merah, serta tembakau untuk mereka yang hobi merokok.
  4.  Gantilah pakaian: Masih memakai pakaian yang sudah 3 hari tidak dicuci pasti akan menimbulkan bau. Selain itu, cobalah memakai pakaian yang mudah menyerap keringat agar bakteri nanti tidak mudah bercampur dengan keringat dan menimbulkan bau.
  5.  Sabun antiseptik: Saat mandi menggunakan serta menggosokkan sabun antiseptik juga dapat membantu mengurangi bau badan.

Artikel Yang Berhubungan :