18 Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya

18 Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Selasa, 21 November 2017 - Kesehatan

18 Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya – Jerawat merupakan salah satu masalah pada wajah yanng sering dialami. Banyak orang mengalami jerawat, walaupun hanya satu kali. Jerawat pertama kali muncul saat usia remaja. Jadi buat kamu yang remaja, tidak perlalu berlebihan dalam menyikapi munculnya jerawat. Memang sudah takdir sih jika wanita ingin selalu tampil cantik, memiliki wajah yang putih bebas dari masalah. Tapi ya jangan terlalu berlebihan dalam perawatan. Masih remaja sudah menggunakan make up, sudah menggunakan bedak terlalu tebal, sering menggunakan make up ini itu. Ya akhirnya semakin banyak jerawatnya. Jerawat makin banyak, makin heboh perawatannya. Beli produk ini, beli produk itu.

18 Makanan untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

18 Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya
18 Makanan Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Sedikit saran, tidak ada salahnya kita kembali ke alam. Kembali memanfaatkan bahan-bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Cara tradisional ini memang tidak secepat jika menggunakan produk perawatan. Namun ada sisi kelebihan tersendiri, bahannya lebih murah, serta kiat akan mendapatkan dalam jumlah banyak. Misalnya jika kita menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat. Dengan harga yang sama dengan produk perawatan yang diiklankan ditelevisi, kita bisa mendapat satu kilo jeruk nipis. Bukan saja untuk menghilangkan jerawat, bekasnya pun juga akan hilang. Plus masih ada sisa untuk kita konsumsi. Jadi bagaimana? tertarik untuk mencoba cara alternatif membersihkan jerawat secara tradisional ? Berikut ini 18 bahan penghilang jerawat dan bekasnya :

1. Teh hijau

Cara untuk membuat masker teh hijau ini juga sangat mudah. Semudah membuat secangkir teh yang biasa kita minum setiap hari. Tidak perlu keahlian khusus ataupun teknik khusus untuk membuat masker teh hijau ini. Yang kita butuhkan hanya ampas teh hijau. Yup benar cuma ampas teh hijau. Ampas teh dari seduhan teh biasanya kita buang. Namun untuk kamu yang memiliki masalah dengan jerawat di pipi, kita masih bisa memanfaatkan ampas teh ini untuk menghilangkan jerawat.

Ampas teh hijau yang telah kita pisahkan dengan air teh kita gunakan untuk masker wajah. Ratakan keseluruh permukaan wajah ampas teh hijau ini. Tunggu sekitar 20 menit. Lalu bersihkan. Mudah sekali bukan ? Namun bukan hanya itu saja. Kamu juga bisa membuat campuran masker teh hijau dengan masker kopi atau yoghurt. Jika kamu punya, bisa kamu gunakan teh hijau yang berbentuk bubuk agar lebih mudah dalam penggunaannya.

2. Wortel

Bahan yang paling penting yang harus kita siapkan adalah buah wortel. Langkah selanjutnya kita parut wortel hingga halus. Kemudian jadikan wortel sebagai masker wajah. Aplikasikan secara merata pada seluruh permukaan wajah. Tunggu 20 menit. Kemudian bilas kembali hingga bersih.

3. Lemon

Caranya sangat mudah ternyata. Cukup ambil buah lemon, kemudian belah menjadi dua. yang pertama kamu bisa langsung usapakan lemon yang telah dibelah ini keseluruh wajah. Atau kamu bisa membuat masker lemon terlebih dahulu. Intinya sama saja, bagian yang kita butuhkan adalah air lemon. Yang mengandung banyak vitamin C yang sangat bagus untuk kesehatan dan merawat tubuh. Salah satunya adalah membuat wajah terlihat lebih kencang sehingga kamu tetap merasa awet muda. Selain itu masker lemon juga akan membantu menghilangan flek hitam yang diakibatkan karena sinar matahari, atau debu dan polusi yang menempel di kulit karena aktifitas padatmu terlebih jika bekerja dilapangan.

4. Beras

Pertama siapkan beras serta air hangat secukupnya. Kemudian haluskan beras. Rendam dengan air yang telah kita siapkan. Diamkan sebentar, selanjutnya gunakan sebagai masker. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Tomat

Lalu bagaimana caranye menggunakan tomat untuk menghilangkan jerawat?. Ternyata tips mengaplikasikan tomat untuk membersihkan jerawat tidak serumit yang kita kira. Kita hanya perlu menyiapkan satu buah tomat yang akan kita jadikan sebagai masker untuk membersihkan wajah. Hancurkan hingga lembut tomat ini. Kemudian jika anda suka, boleh ditambahkan madu untuk perawatan wajah. Penambahan madu ini tentu saja sangat bermanfaat. Madu dikenal baik untuk merawat wajah. Menutrisi kulit, mengencangkan kulit, sehingga terlihat lebih muda dan kencang. tapi nanti judulnya berubah jadi menghilangkan jerawat dengan tomat dan madu.

Masker tomat yang telah halus ini kemudian kita aplikasikan secara merata diseluruh permukaan wajah. Namun perlu diperhatikan sebelumnya kita harus membersihkan wajah terlebih dahulu dengan air bersih. Setelah merata, kita diamkan, tunggu 20 menit. Selanjutnya bilas kembali dengan air bersih.

6. Lemak ikan

Menurut Rachelle Wood, ahli gizi holistik terdaftar di Charlottetown PEI menyatakan bahwa ikan merupakan sumber yang baik akan asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6. Kandungan Asam ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh yang dapat memicu sel untuk menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan jerawat. Ia merekomendasikan untuk mengkonsumsi ikan salmon, makarel, dan sarden untuk melawan noda jerawat.

7. Alpukat

Buah berwarna hijau dan memiliki rasa yang lezat ini dipercaya  kaya akan vitamin E yang dapat meningkatkan vitalitas kulit. Alpukat juga merupakan sumber yang baik dari vitamin C, yang mampu mengurangi peradangan kulit dan melembabkan kulit secara alami.

8. Anggur merah

Buah dan biji anggur merah banyak mengandung bahan kimia alami yang kuat serta antioksidan yang terbukti mampu untuk mengobati kondisi kulit yang mengalami inflamasi seperti psoriasis dan eksim. Anggur juga dapat membantu untuk mengontrol efek samping dari reaksi alergi pada kulit.

9. Adas

Adas merupakan sejenis tanaman sayuran yang dapat membantu membersihkan kulit. Akar dari sayuran ini dapat meningkatkan pencernaan, mengurangi pembengkakan dan membantu mengurangi kelebihan cairan dan menghilangkan racun dalam kulit.

10. Artichoke

Artichoke merupakan sumber antioksidan dan vitamin C. Sayuran hijau berserat ini dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh, membuatnya menjadi tambahan makanan yang bagus untuk mendapatkan kulit yang sehat.

11. Bawang putih

Bawang putih merupakan sember makanan lain yang dapat membantu melawan peradangan. Kandungan bahan kimia alami dalam bawang ini yang disebut allicin dapat membantu membunuh banyak bakteri berbahaya dan melawan virus dalam tubuh.

12. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sumber makanan yang sempurna membersihkan kulit. Kandungan nutrisi dalam sayuran ini antara lain adalah vitamin A, B kompleks, C, E, dan K. Sifat antioksidan yang dimiliki sayuran ini dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas yang akan membantu luminositas kulit.

13. Alfalfa Sprouts

Tanaman yang mungkin terlihat seperti rumput ini memiliki kandungan nutrisi berharga yang dapat membantu proses membersihkan kulit. Alfalfa sprouts banyak mengandung enzim yang membantu melawan peradangan.

14. Yogurt

Studi telah menunjukkan bahwa seseorang yang menderita jerawat memiliki kandungan asam lambung yang sangat rendah. Bahan makanan yang banyak memiliki kandungan probiotik seperti yoghurt dapat menormalkan saluran pencernaan dan membantu dalam mengendalikan jerawat.

15. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan sejumlah besar air yang baik untuk membersihkan kulit. Kandungan nutrisi lain dalam buah ini adalah vitamin C dan kadar serat yang dapat membantu menghilangkan bengkak kulit, bekas jerawat dan peradangan.

16. Buah Berry

Beberapa jenis buah berry seperti strawberry, blueberry, raspberry, serta blacberry dapat membantu membersihkan jerawat secara alami. Karena merupakan sumber alami asam salisilat (agen pertempuran jerawat kuat). Selain itu, buah berry juga dapat menyembuhkan warna kulit dan membantu menjaga kondisi kulit agar tetap sehat. Kandungan anti-oksidan seperti beta karoten dalam buah berry bertindak sebagai fitokimia yang membantu proses penyembuhan infeksi kulit seperti jerawat.

17. Olive oil

Minyak zaitun dan minyak wijen merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik. Dimana ia menyediakan asam lemak yang dibutuhkan tubuh untuk menyehatkan kulit , seperti karena jerawat.

18. Oatmeal

Bukan hanya sebagai pengenyang perut, tetapi oatmeal juga dapat membantu mengobati jerawat dengan cara mengurangi kadar minyak dalam tubuh.

Itulah  18 makanan penghilangan jerawat dan bekasnya yang membandel. Buat kamu yang sudah bosan dan jenuh dengan berbagai produk perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat yang tidak menunjukkan hasil yang maksimal, tidak ada salahnya untuk mencoba beralih menggunakan tips alternatif menghilangkan bekas jerawat menggunakan 18 bahan alami diatas.

Artikel Yang Berhubungan :