Bengkoang dan Kunyit Menghilangkan Jerawat Secara Tradisional

Bengkoang dan Kunyit Menghilangkan Jerawat Secara Tradisional

Jumat, 19 Mei 2017 - Kesehatan

Tips menghilangkan jerawat dengan masker bengkoang dan kunyit – Jerawat adalah masalah umum yang sering terjadi pada wajah. Jerawat bisa terjadi karena sebum yang menutup pori – pori wajah. Jerawat bisa terjadi karena minyak dan sel – sel kulit mati yang menyumbat pori – pori kulit. Jerawat bisa dicirikan dengan hadirnya komedo, iritasi kemerah – merahan, noda hitam, dan bintik – bintik kemerahan yang kadang disertai dengan nanah. Intensitas jerawat pun bisa berbeda-beda pada setiap orang, mulai dari bentuk yang ringan seperti bintik merah atau komedo, sampai pada bentuk yang parah berupa ratusan bintik dan benjolan memerah yang sakit jika disentuh, yang menutupi area kulit tertentu.

Tips menghilangkan jerawat dengan masker bengkoang dan kunyit

Jerawat bisa terjadi pada wajah, leher, dada, belakang badan, dan pergelangan tangan bagian atas. Menghilangkan jerawat yang membandel membutuhkan perawatan khusus yang harus dilakukan dengan telaten dan rajin. Jerawat yang dihilangkan dengan cara dipencet biasanya akan meninggalkan bekas yang merusak penampilan. Untuk itu, untuk menghilangkan jerawat seharusnya dilakukan dengan cara yang tepat, aman, dan nyaman bagi kulit, serta cocok untuk kulit jenis apapun.

Bengkoang (Pachyrhizus erosus) dikenal dari umbi (cormus) putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini termasuk dalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Di tempat asalnya, tumbuhan ini dikenal sebagai xicama atau jícama. Orang Jawa menyebutnya sebagai besusu. Bengkoang selain bisa digunakan untuk memutihkan wajah juga digunakan untuk menghilangkan jerawat. Bengkoang mudah ditemukan di pasar – pasar tradisional. Khasiat bengkoang ini sering disalahartikan. Banyak orang mengira jika bengkoang tidak boleh diaplikasikan pada wajah yang berjerawat dan cenderung berminyak. Padahal, hal tersebut salah besar.

Sementara itu kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai bahan pembuatan jamu tradisional. Kunyit adalah bumbu rempah yang bisa digunakan untuk mengobati sakit – sakit ringan seprti benjolan karena terbentur dan juga mengobati gejala pilek. Ternyata selain itu, kunyit juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Kunyit bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat karena bisa berperan sebagai zat antiseptic. Kunyit sudah terkenal di kawasan Asia Tenggara sebagai solusi tepat untuk menghilangkan jerawat. untuk itu, ketika kita ingin menghilangkan jerawat secara alami, kunyit adalah obat jerawat yang tepat.

Menghilangkan jerawat dengan masker bengkoang

Ambil satu buah bengkoang yang sudah masak, lalu kupas hingga bersih. Parut bengkoang agar mudah diaplikasikan ke wajah. Sebelumnya jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan cara dibasuh dengan air hangat. Menghilangkan jerawat dengan masker bengkoang sangat mudah dan aman. Sesudah dibersihkan wajahnya, aplikasikan masker bengkoan di wajah dan tunggu selama 30 menit. Setelah itu basuh wajah dengan air dingin agar pori – pori kembali menutup. Lakukan treatment ini setiap hari agar jerawat cepat menghilang.

Menghilangkan jerawat dengan masker kunyit

Ambil kunyit secukupnya dan parut agar teksturnya halus. Aplikasikan ke wajah yang sebelumnya sudah dibasuh dengan air hangat. Aplikasikan parutan kunyit tepat di atas jerawat. Pada parutan tersebut bisa ditambah dengan sedikit gula pasir agar bisa seklaigus berguna sebagai scrub. Setelah itu diamkan selama 15 menit lalu basuh dengan air dingin. Bisa juga dengan cara kedua, yaitu langsung menggosokkan kunyit di atas jerawat tanpa memarutnya terlebih dahulu. Cara ini bisa dilakukan sesering mungkin untuk menghilangkan jerawat dan bekas – bekanya karena tidak mengandung efek samping sama sekali. Terus lakukan secara teratu hingga jerawat berangsur – angsur menghilang.

Menghilangkan jerawat dengan masker bengkoang dan kunyit

Bersihkan terlebih dulu wajah anda. Caranya adalah basuh dengan air hangat agar pori – pori terbuka sehingga nutrisi dari bengkoang dan kunyit bisa masuk dan bisa menghilangkan jerawat dengan baik.  Ambil bengkoang yang sudah dihaluskan dan campur dengan kunyit yang sudah dihaluskan. Ratakan ke wajah dengan baik dan tungu selama 15 hingga 30 menit. Setelah itu basuh wajah dengan air dingin dan keringkan dengan perlahan. Lakukan treatment ini setiap hari, apabila jerawat sudah parah dan banyak. Atau cukup lakukan seminggu 2 atau 3 kali untuk perawatan dan pencegahan jerawat.