Makanan Pendamping Asi Bayi (MPASI) Usia 6 Bulan

Makanan Pendamping Asi Bayi (MPASI) Usia 6 Bulan

Sabtu, 27 Mei 2017 - Kesehatan

MPASI makanan pendamping asi  – Mpasi adalah singkatan daru makanan pendamping asi atau makanan tambahan untuk bayi. Namun makanan bayi yang paling penting adalah asi. Semua kebutuhan gizi yang diperlukan oleh bayi terkandung pada asi. Khususnya untuk bayi yang masih dibawah 6 bulan. Asi esklusif merupakan makanan yang paling utama yang harus diberikan dan tidak boleh digantikan dengan makanan atau minuman lainnya. Kandungan gizi pada asi tidak dapat digantikan oleh susu formula. Asi ekslusif diberikan pada bayi hingga berumur 6 bulan, sebenarnya dalam jangka waktu tersebut, bayi tidak perlu diberi makanan pendamping asi lainnya karena semua nutrisinya sudah tercukupi.

Namun seiring pertumbuhan dan perkembangan usia, bayi membutuhkan nutrisi tambahan untuk meningkatkan tumbuh kembangnya. Setelah 6 bulan, bayi dapat dikenalkan dengan makanan pendamping asi atau sering disingkat dengan MPASI. Makanan ini lah yang akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk bayi. Bahan-bahan mpasi pun juga tidak boleh sembarangan. Harus mengandung gizi yang cukup agar tumbuh kembang anak tetap seimbang.

Berikut ini beberapa tanda-tanda saat bayi anda sudah siap untuk makanan pertamanya :
– Bayi mulai bisa meraih makanan dan memasukkan ke mulut karena telah ada koordinasi antara mata, mulut, serta tangannya.
– Dapat duduk dengan sempurna tanpa dibantuyang menandakan bahwa koordinasi tubuhnya telah kuat.
– Bayi Anda memiliki keingin tahuan terhadap makanan yang anda konsumsi.
– Bayi sudah dapat menelan makanan yang anda berikan.

makanan pendamping asi mpasi

Contoh Makanan Pendamping Asi

Pemberian makanan pendamping asi untuk bayi 6 atau 7 bulan, tidak boleh sembarangan. Perlu memperhatikan beberapa faktor seperti tekstur makanan, porsi makanan dan jenis makanan. Kesemuanya harus diberikan secara bertahap. Karena organ pencernaan pada bayi dibawah 8 bulan masih dalam perkembangan. Jika salah dalam memberikan makanan, dikhawatirkan dapat menyebabkan sembelit, kembung atau begah pada bayi Anda.

Dari segi tekstur dan jenisnya, makanan pendamping asi harus disesuaikan dengan kebutuhan si bayi. Karena giginya belum muncul, kita bisa memberikan makanan yang bertekstur lembut dan mudah hancur seperti biskuit bayi usia 6 bulan. Sehingga memudahkan untuk ditelan. Sedangkan untuk makanan yang bertekstur keras dapat kita berikan saat gigi sudah muncul. Porsi makanan juga harus disesuaikan, tidak boleh kita memberikan makanan semisal 3x sehari untuk bayi usia 6 bulan dengan porsi yang sama dengan usia 7 bulan atau lebih.

Baca juga :

Berikut ini beberapa cara mengenalkan mpasi dengan anak Anda, dengan panduan dan jadual makan bayi 6 bulan.
– Ajak anak untuk makan bersama dengan orang tua. Karena anak akan cenderung untuk mengikuti kebiasaan orang tua.
– Untuk mengawali berikan makanan menggunakan ibu jari sebagai sendok. Lihat reaksi bayi, apakah menerima dengan membuka mulut atau tidak.
– Berikan makanan yang berbeda setiap harinya untuk merangsang saraf pengecapnya dan menarik minat bayi. Jangan memaksa jika bayi tidak suka.
– Jika bayi mulai tertarik dengan mpasi, berikan secara bertahap sesuai dengan usia dan porsinya. Cobalah dengan 1 sendok teh mpasi terlebih dahulu, kemudian meningkat maksimal 2-3 sendok makan setiap hari.
– Hindari menambahkan penyedap rasa atau perasa makanan buatan
– Makanan yang diberikan harus sesuai dengan standar gizi, jangan berikan anak anda makanan cepat saji bahkan mie instan, atau nasi biasa.

Jadwal pemberian makanan pendamping ASI

Pemberian Mpasi tentu tidak boleh sembarangan serta mengesampingkan pemberian asi ekslusif. cara pemberian dan jenis mpasi bisa dikelompokkan berdasar umur bayi, contohnya seperti dibawah ini :

Mpasi bayi 6 bulan 
Untuk bay berumur 6 bulan jalan, kita bisa memberikan sayur dan buah yang dihaluskan seperti pisang, apel, alpukat, dan melon.

Mpasi bayi usia 8-9 bulan
Pada usia ini bayi sudah dapat dikenalkan dengan makanan yang berbentuk. Seperti wortel, apel, pisang yang dipotong-potong tidak lagi harus dihaluskan.

Mpasi usia 12 bulan
Pada usia ini bayi sudah dapat makan dengan sempurna karena biasanya gigi sudah mulai tumbuh. Berikan bubur nasi, atau nasi, kentang, sayuran, ikan dan daging untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Pada pemberian makanan pendamping bayi Mpasi yang paling penting ialah memahami kebutuhan bayi pada usianya. Jangan memaksakan bayi untuk mulai makan jika dia belum tertarik. Karena sifatnya hanya sebagai pendamping, maka pemberian asi eksklusif tidak boleh dihentikan.