Makanan Penurun Darah Tinggi Terbukti dan Aman

Makanan Penurun Darah Tinggi Terbukti dan Aman

Jumat, 25 Agustus 2017 - Kesehatan

Makanan penurun darah tinggi – Darah tinggi atau sering dikenal dengan Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita masayarakat di zaman modern ini. Gaya hidup dan konsumsi makanan ditengarai menjadi salah satu penyebab darah tinggi. Hipertensi atau darah tinggi dapat menyerang siapa saja. Jika dahulu hipertensi diketahui hanya terjadi pada orang berusia diatas 50 tahun. Namun sekarang tidak sedikit orang berumur 40 tahun yang memiliki gangguan tekanan darah tinggi. Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Karena darah tinggi dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain yang dapat menyebabkan komplikasi.

Tanda-tanda Hipertensi

HIpertensi sama seperti penyakit lainnya, ada beberapa tanda-tanda darah tinggi yang harus Anda ketahui. Jika Anda mengalami beberapa tanda-tanda hipertensi dibawah ini, segera perika tekanan darah Anda :
– Kelelahan atau mudah lelah
– Nyeri pada bagian dada
– Denyut jantung yang tidak teratur
– Sakit kepala yang parah
– Gangguan pada penglihatan

makanan penurun darah tinggi

Makanan penurun darah tinggi cepat

Darah tinggi dapat menyebabkan adanya penyakit lain. Serangan jantung, stroke, penyakit finja, penyakit arteri merupakan beberapa penyakit akibat darah tinggi. Tidak aneh jika mengalami darah tinggi di usia muda, karena gaya hidup dan makanan yang kita konsumsi mengandung banyak bahan pengawet, bahan pemanis.

Baca juga
Makanan Pendamping Asi Bayi (MPASI) Usia 6 Bulan
8 Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami
Cara Menghilangkan Panu Cepat Alami dalam 1 Minggu

Bagaimana cara mengetahui seseorang mengalami hipertensi ?. Jika mengacu pada tanda-tanda diatas mungkin saja bisa keliru. Jika Anda mengalami kelelahan bukan berarti Anda mengalami darah tingg, bisa saja malah hipotensi atau darah rendah. Maka untuk memastikan hasil yang akurat diperlukan pengukuran tekenan darah. Berikut beberapa kategori hasil pengukuran tekanan darah ?. Dimanakah Anda :

Prahipertensi : Tekanan darah yang berkisar antara 120-139 untuk angka sistolik atau 80-89 untuk tekanan diastolik.
Hipertensi tahap 1 : Jika tekanan sistolik Anda 140-159 atau tekanan diastolik 90-99.
Hipertensi tahap 2 : Pada saat tekanan sistolik 160 atau lebih tinggi atau tekanan diastolik 100 atau lebih tinggi.

Tidak perlu panik dan terlalu takut berlebihan jika mengalami darah tinggi. Ada beberapa makanan penurun tekanan darah tinggi yang dapat kamu konsumsi untuk membantu menstabilkan tekanan darah. Ada buah penurun tensi, ada juga tanaman obat darah tinggi, untuk sayur juga ada sayur penurun darah tinggi. Berikut ini beberapa referensi menu makanan untuk penderita darah tinggi.

Sayuran penurun darah tinggi

– Bayam
– Buncis
– Seledri
– Bawang putih
– Tomat
– Kentang
– Kedelai

Buah penurun darah tinggi

– Pisang
– Alpukat
– Mengkudu
– Jeruk
– Kiwi
– Melon
– Blewah
– Semangka

Bahan makanan lainnya :
– Susu skim
– Gandum
– Biji bunga matahari
– Minyak zaitun
– Coklat
– Yoghurt
– Ikan salmon
– Oatmeal
– Putih telur

Itulah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk cara cepat menurunkan darah tinggi. Jangan lupa periksa tekanan darah Anda jika mengalami pusing dan badan mudah lelah. Semoga bermanfaat.