Inilah 15 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah 15 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Jumat, 29 September 2017 - Kesehatan

Manfaat Bawang Putih – Semua orang pasti tahu bawang putih. Manfaat bawang putih untuk kesehatan sangat banyak sekali. Dari mengobati kanker sampai mencegah stres. Namun biasaya bawang putih digunakan untuk bumbu masakan. Tumbuhan ini termasuk ke dalam jenis umbi-umbian, berwarna putih dan mengeluarkan bau yang menyengat. Selain di manfaatkan untuk bumbu dapur. Ternyata bawang putih memiliki manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan. Dari dulu bawang putih selalu dimanfaatkan untuk obat herbal alami yang ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk lebih jelasnya berikut ini manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh yang harus anda ketahui.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi memang penyakit yang simple tetapi sangat menyakitkan. Ketika terkena sakit gigi, makanpun terasa tidak enak. Sakit gigi bisa disebabkan oleh gigi berlubang, gigi goyang dan masih banyak lainnya. Salah satu obat sakit gigi herbal yang paling ampuh adalah bawang putih. Dari dulu bawang putih terbukti ampuh mengobati sakit gigi. Secara umum sakit gigi disebabkan karena adanya bakteri di dalam lubang gigi. Senyawa yang terdapat di bawang putih dapat berfungsi sebagai anti bakteri. Oleh karena senyawa tersebut akan membunuh bakteri pada gigi anda. Caranya haluskan beberapa buah bawang putih. Kemudian letakan pada bagian gigi yang sakit atau berlubang. Diamkan selama 10 menit lalu kumur sampai bersih.

  1. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Tubuh kita saat membutuhkan zat besi. Zat besi berfungsi untuk menguatkan tulang, gigi, rambut dan lainnya. Ada banyak sekali makanan yang mengandung zat besi. Tetapi terkadang terpenuhinya zat besi didalam tubuh terganggu karena metabolisme zat besi yang lambat. Untuk meningkatkan metabolisme zat bisa menggunakan bawang putih. Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa bawang putih terbukti ampuh meningkatkan metabolisme zat besi. Bawang putih bisa membantu meningkatkan protein ferroportin yang bisa menyediakan jembatan untuk zat besi ketika beredar ke seluruh tubuh.’

  1. Menurunkan Berat Badan

Khasiat bawang putih bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Memiliki berat badan berlebih pasti tidak menyenangkan. Jika anda sudah olahraga dan diet tapi belum bisa menurunkan berat badan. Cobalah untuk konsumsi bawang putih. Bawang putih berfungsi sebagai zat anti inflamasi yang bisa mengatur lemak di dalam tubuh kita. Sel lemak akan diubah menjadi bentuk yang lebih sederhana. Sehingga tidak mengendap di dalam tubuh dan membuat tubuh anda semakin gemuk. Selain itu bawang putih mengandung zat vinyldithin yang berfungsi untuk mencegah berat badan bertambah.

  1. Mencegah Penyakit Saraf

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang keempat berkisar tentang penyakit syaraf. Penyakit saraf yang sering ditemui di masyarakat adalah penyakit alzheimer dan demensia. Kedua penyakit ini merusak bagian sistem syaraf dan membuat kelainan pada tubuh manusia. Kerusakan sistem saraf ini bisa disebabkan oleh radikal bebas. Di dalam bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi. Ini akan memberikan perlindungan bagi tubuh dalam kerusakan oksidatif. Enzim yang terdapat di dalam bawang putih juga membantu meningkatkan produksi antioksidan. Sehingga membuat sarag lebih sehat dan anda terhindar dari berbagai macam penyakit saraf.

  1. Mengobati Jerawat

Jerawat masalah yang sering terjadi pada kulit wajah. Jerawat terjadi karena kotoran yang menempel pada kulit. Oleh karena itu sangat penting membersihkan kulit wajah secara rutin setiap harinya. Saat ini memang ada banyak sekali bahan alami yang bisa mengobati jerawat. Salah satunya adalah bawang putih. Bawang putih dapat berfungsi sebagai anti bakteri yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih merupakan salah satu tips pengobatan jerawat yang paling banyak dicari karena mudah untuk dilakukan dirumah dan kapan saja. Ambilah beberapa buah bawang putih. Tumbuk sampai halus, lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit lalu bilas. Penggunaan secara rutin dapat mengeringkan jerawat. Namun perlu kamu ketahui tentang efek samping menghilangkan jerawat dengan bawang putih, biasanya untuk kamu yang memiliki kulit sensitif panas dari bawang putih akan menyebabkan ruam kemerah-merahan pada kulit. Maka dari itu, cek dahulu daya tahan kulit kamu terhadap bawang putih.

  1. Menghilangkan Bekas Luka

Bekas luka jerawat atau bekas luka lainnya terkadang sulit di hilangkan. Kalau pun sudah diberi obat bekasnya tetap belum hilang. Jika ingin cara yang cepat memang bisa dibersihkan di klinik kecantikan. Tetapi tentunya membutuhkan biaya yang besar. Lebih baik anda menggunakan cara alami yang aman dan murah. Bawang putih bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Kandungan di dalam bawang putih, akan mengeringkan luka dna menghilangkan bekasnya. Selain itu bawang putih juga bersifat anti radang dan anti inflamasi. Cukup oleskan bawang putih pada luka anda. Diamkan kemudian bilas sampai bersih.

  1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah untuk menurunkan kolesterol jahat. Penyakit kolesterol saat ini termasuk penyakit yang mematikan di dunia. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh bisa dengan konsumsi bawang putih. Kandungan di dalam bawang putih terbukti ampuh menurunkan kolesterol jahat sampai 15%. Konsumsi bawang putih tidak akan berpengaruh pada kolesterol baik atau HDL. Sehingga tubuh anda akan tetap sehat. Kami juga punya artikel yang mengulas secara lengkap cara alami menurunkan kolesterol tanpa menggunakan obat-obatan yang cenderung menurunkan kolesterol namun memiliki efek samping, untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

  1. Mengobati Keracunan makanan

Bawang putih bersifat sebagai anti virus, anti mikroba, anti bakteri dan anti inflamasi. Sifat bawang putih yang anti bakteri dapat mengobati orang yang mengalami keracunan makanan. Keracunan makanan biasanya disebabkan oleh bakteri di sebuah makanan. Misalnya pada makanan yang basi. Oleh karena itu konsumsi bawang putih ketika keracunan makanan, bisa membunuh bakteri yang menyebabkan keracunan makanan.

  1. Meningkatkan Stamina

Selain menggunakan madu, bawang putih juga mampu meningkatkan stamina tubuh. Orang zaman dulu mengkonsumsi bawang putih supaya tubuhnya lebih berstamina. Hal ini dikarekan zat yang didalam bawang putih bisa meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh, sehingga energi akan meningkat dan stamina anda pun ikut meningkat. Manfaat bawang putih untuk meningkatkan stamina ini cocok sekali untuk kamu yang sering beraktifitas lebih banyak diluar ruangan.

  1. Mengobati Demam

Kandungan antioksidan di dalam bawang putih bisa membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang bisa meningkatkan sistem imunisasi tubuh. Sehingga demam akan turun. Jika anda atau anak anda terkena demam. Ambilah beberapa buah bawang putih, Anda bisa menghaluskan bawang putih kemudian di letakan di dahi yang panas. Selain itu bisa merebus bawang putih, kemudian minum air rebusannya. Ini akan sangat membantu menurunkan demam.

  1. Menyehatkan Jantung

Memiliki jantung yang sehat pasti menjadi idaman semua orang. Dengan jantung yang sehat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain dengan olahraga dan konsumsi makanan sehat. Manfaat bawang putih untuk kesehatan jantung kita dapatkan dari kandungan alicin dan diallyl trisulfat. Kandungan alicin dan diallyl trisulfat di dalam bawang putih bisa membantu memperbesar pembuluh darah. Sehingga darah yang masuk ke dalam jantung lebih banyak. Aliran darah didalam tubuh pun lebih sehat, sehingga tubuh anda akan lebih sehat.

  1. Mencegah Kanker

Saat ini ada banyak sekali penyakit kanker yang menyerang manusia. Dari kanker payudara, kanker otak, kanker tulang dan masih banyak lainnya. Kanker termasuk penyakit yang mematikan dan bisa menyerang siapa saja. Untuk mencegah terkena kanker bisa dengan konsumsi bawang putih. Kandungan alicin di dalam bawang putih bisa berfungsi sebagai detoxifier yang akan menghilangkan racun-racun didalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya kanker.

  1. Menurunakn Kadar Gula Darah

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang banyak sekali. Salah satunya adalah menurunkan kadar gula darah didalam tubuh. Ketika kadar gula darah tinggi, anda akan membutuhkan produksi insulin yang lebih banyak. Sehingga kadar gula akan turun. Konsumsi bawang putih setiap harinya, akan membantu meningkatkan insulin di dalam tubuh. Tetapi buat anda yang kadar gulanya sudah terlalu tinggi dan membutuhkan penanganan dokter. Lebih baik tayangkan kepada dokter terlebih dahulu. Karena setiap orang membutuhkan asupan insulin yang berbeda-beda.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Masalah rambut rontok membuat penampilan menjadi tidak percaya diri dan terkadang bisa menyebabkan kebotakan. Bawang putih dapat membantu mengatasi masalah anda. Khasiat bawang putih untuk rambut kita dapatkan karena adanya kandungan sulfur alicin. Kandungan sulfur alicin didalam bawang putih, bisa membantu mengatasi masalah rambut rontok anda. Sebelum tidur pada malam hari. Haluskan bawang putih terlebih dahulu. Kemudian usapkan secara merata pada rambut. Tutup dengan penutup rambut lalu bilas pada pagi harinya. Ini akan membuat rambut lebih kuat dan sehat.

  1. Mencegah Stress

Kita tidak bisa memungkiri, ketika masalah pekerjaan dan keluarga yang datang silih berganti pasti akan membuat tubuh stress. Salah satu bahan kimia yang bisa mengontrol emosi seseorang adalah zat serotonin. Jika serotonin tinggi di dalam otak anda, akan membantu mengontrol emosi. Sehingga anda tidak mudah stress, cemas atau susah tidur. Kandungan B-6 didalam bawang putih bisa membantu meningkatkan produksi serotonim didalam tubuh anda. Itulah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Artikel Yang Berhubungan :