20 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

20 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Rabu, 28 Juni 2017 - Kesehatan

Manfaat minyak zaitun sangat banyak sekali untuk kecantikan wajah dan kesehatan tubuh anda. Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak yang diperoleh dari buah zaitun. Minyak ini mengandung banyak sekali nutrisi yang baik buat tubuh dan dapat digolongkan sebagai minyak sehat yang tidak mengandung lemak jahat. Biasanya minyak mengandung lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh. Tetapi minyak zaitun mengandung lemah tak jenuh yang baik untuk tubuh. Saat ini minyak zaitun juga sudah di manfaatkan untuk berbagai hal. Seperti bahan kosmetik. Perawat rambut, obat dan masih banyak lainnya. Inilah manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

  1. Menghilangkan Nyeri

Kegunaan minyak zaitun yang pertama dalam bahasan kita kali ini ialah untuk menghilangkan nyeri. Di dalam minyak zaitun mengandung oleokantal. Oleokantal ini memiliki fungsi yang sama dengan ibuprofen yang berfungsi sebagai obat penghilang nyeri. Jadi anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada luka bakar, lecet, peradangan atau luka sobek yang menyebabkan rasa nyeri. Cukup oleskan sedikit saja pada luka anda.

  1. Membunuh Kutu Pada Kepala

Menghilangkan kutu rambut merupakan salah satu fungsi minyak zaitun untuk rambut. Masalah rambut yang sering terjadi adalah adanya kutu rambut. Walaupun sudah di sampo atau menggunakan obat lain, biasanya kutu akan tetap tumbuh jika telurnya tidak ikut di basmi. Untuk membunuh kutu rambut di kepala sampai ke akarnya bisa menggunakan minyak zaitun. Anda hanya cukup mengoleskan minyak zaitun ke rambut anda secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas. Penggunaan secara rutin dapat membunuh kutu rambut.

  1. Mengobati Penyakit Artritis

Penyakit artritis adalah penyakit peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan bengkak, rasa sakit dan kaku. Biasanya terjadi pada tangan dan kaki. Buat anda yang mengalami penyakit tersebut, bisa mengatasi rasa nyerinya dengan menggunakan minyak zaitun. Anda bisa mengoleskan pada bagian yang sakit atau mengkonsumsi minyak zaitun yang dicampurkan pada makanan.

  1. Mengobati Penyakit Maag

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah mengobati penyakit maag. Penyakit maag menyerang pada lambung. Biasanya akan membuat makan jadi tak enak dan perih pada bagian perut. Jika anda sudah mengobati maag tetapi belum sembuh juga, cobalah untuk minum minyak zaitun setiap harinya. Ini akan membantu melindungi lambung dari rasa perih dan mengurangi asam lambung Anda.

  1. Mengatasi Penyumbatan Pembuluh Darah

Kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun, ternyata terbukti ampuh mengurangi lemak yang masuk dari makanan kedalam tubuh kita. Jadi tubuh akan terhindar dari penyumbatan pembuluh darah. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh. Konsumsi minyak zaitun secara rutin bisa membantu mengurangi resiko penyumbatan dna penebalan pembuluh darah.

  1. Mengatasi Resiko Kanker Rahim

Penyakit kanker rahim saat ini tidak bisa dihindari. Untuk mengatasi resiko kanker rahim, anda bisa mencoba konsumsi minyak zaitun. Kandungan yang terdapat di minyak zaitun bisa membantu menurunkan resiko dan efek kanker pada tubuh kita. Sebenarnya tak hanya kanker rahim saja, tetapi hampir semua jenis kanker bisa dikurangi dengan konsumsi minyak zaitun. Bahkan penurunannya bisa mencapai 26 %.

  1. Mengobati Peradangan Sendi

Manfaat minyak zaitun dapat digunakan untuk mengobati peradangan sendi. Beberapa penelitian mengatakan kandungan yang terdapat didalam minyak zaitun bisa berfungsi sebagai anti peradangan. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada sendi yang meradang atau anda bisa konsumsi minyak zaitun yang dicampurkan makanan anda sehari-hari.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dari asap kendaraan. Pabrik dan sinar matahari tidak bisa kita hindari. Jika tubuh terkena radikal bebas terus menerus bisa menyebabkan kanker. Oleh karena itu untuk menangkal radikal bebas anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin. Di dalam minyak zaitun mengandung anti oksidan yang sangat tinggi. Anda bisa menambahkan minyak zaitun pada makanan yang anda konsumsi.

  1. Membuat Usus Lebih Sehat

Di dalam minyak zaitun mengandung senyawa yang bernama Oleuropein Aglycone. Senyawa ini berfungsi untuk menyehatkan usus anda, dengan menjaga suplai darah ke organ usus anda. Dengan konsumsi minyak zaitun akan membantu usus lebih sehat, terhindari dari kerusakan usus, penyakit anemia dan masih banyak lainnya.

  1. Pengganti ASI

Pengganti ASI disini sebenarnya bukan menggantikan secara keseluruhan. Tetapi kandungan di dalam minyak zaitun sama dengan kandungan yang terdapat di dalam ASI. Di dalam minyak zaitun mengandung Lemak berantai tunggal yang sama dimiliki oleh ASI. Lemak ini merupakan jenis lemak yang paling bagus dan baik dikonsumsi oleh tubuh manusia. Jadi dengan konsumsi minyak zaitun, anda akan mendapatkan nutrisi yang hampir sama dengan ASI.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang bisa langsung kita rasakan ialah berkurangnya kerutan halus pada wajah, menghilangkan bintik hitam, menghaluskan kulit yang semuanya itu merupakan tanda-tanda penuaan dini. Untuk mencegah penuaan dini, anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun setiap harinya. Selain itu bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Cukup oleskan minyak zaitun pada wajah. Lakukan pemijatan sebentar dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas sampai bersih.

  1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat minyak zaitun dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Saat ini penyakit kolesterol sering menerpa banyak masyarakat. Bisa dikarenakan konsumsi makanan yang salah dan tidak sehat. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya. Seperti jantung, stroke, darah tinggi dan masih banyak lainnya. Kandungan di dalam minyak zaitun bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik yang ada di dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Pola hidup yang salah dapat menyebabkan penyakit kanker. Untuk mencegah penyakit kanker anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin setiap harinya. Seperti yang anda tahu minyak zaitun mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan yang terdapat di minyak zaitun bisa membantu mencegah dan mengurangi resiko penyakit kanker. Anda hanya cukup mencampurkan minyak zaitun pada semua bahan makanan anda dan mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun.

  1. Menurunkan Hipertensi

Hasil penelitian dari universitas Napoli itali mengatakan 32 persen orang yang mengkonsumsi minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah sampai 7 point. Buat anda yang menderita hipertensi cobalah untuk konsumsi minyak zaitun secara rutin setiap harinya. Ini akan sangat membantu menurunkan tekanan darah secara bertahap dan efektif.

  1. Menyehatkan Jantung

Di dalam minyak zaitun mengandung lemak tidak jenuh. Lemah tak jenuh ini juga di miliki oleh alpukat. Lemak tak jenuh sangat bagus untuk tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Konsumsi minyak zaitun secara rutin setiap harinya dapat membantu menyehatkan jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

  1. Melembabkan Bibir

Tahukah kamu manfaat minyak zaitun untuk bibir ?. Ternyata minyak zaitun bisa membantu melembabkan bibir. Kandungan vitamin di dalam minyak zaitun, bisa membantu mengangkat sel kulit mati di bibir, sehingga bibir lebih lembab. Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada bibir anda setiap harinya. Anda juga bisa mencampurkan dengan gula pasir yang berfungsi sebagai scrub.

  1. Menyehatkan Rambut

Anda memiliki masalah rambut rontok, kusam, kering atau ketombe. Cobalah minyak zaitun untuk mengatasi semua masalah tersebut. Kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun sangat efektif menyehatkan rambut. Akan membuat rambut lebih lembut, bebas ketombe, bebas rontok dan masih banyak lainnya. Anda tinggal mengoleskan minyak zaitun ke rambut secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih.

  1. Menghilangkan Strech Mask

Salah satu kegunaan minyak zaitun untuk ibu hamil ialah menghilangkan strech mark. Strech mark terjadi karena tumpukan lemak didalam tubuh. Biasanya dialami oleh wanita yang baru saja melahirkan. Strech mark berwarna putih dan akan mengganggu penampilan anda. Untuk menghilangkan strech mask secara alami, bisa menggunakan minyak zaitun. Cukup oleskan minyak zaitun pada kulit yang terdapat strech mark secara rutin setiap harinya.

  1. Melembabkan Kulit Wajah

Buat anda yang memiliki kulit wajah kering bisa mengatasinya dengan minyak zaitun. Minyak zaitun akan membantu melembabkan kulit wajah anda secara alami. Oleskan minyak zaitun setiap harinya sebelum tidur dan pada pagi hari. Ini akan membuat kulit wajah anda lebih lembab dan lembut. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu, sebelum dioleskan dengan minyak zaitun.

  1. Mengatasi Jerawat

Masalah jerawat termasuk masalah kulit yang paling sering dialami oleh banyak orang. Jerawat yang membandel dan meradang akan membuat penampilan anda menjadi kurang menarik. Jika anda sudah melakukan banyak cara menghilangkan jerawat tetapi belum berhasil juga. Cobalah untuk menggunakan minyak zaitun. Khasiat minyak zaitun untuk wajah berjerawat bisa kita dapatkan dengan mengoleskan minyak zaitun pada waja. Diamkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih. Penggunaan secara rutin dapat membuat jerawat cepat kering dan hilang.

Itulah 20 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang harus anda ketahui.